Selamat Datang di Website Archingnet

Daftar List Postingan Terbaru


Teknologi Mempermudah Guru Diakhir Semester


Diakhir-akhir semester setiap guru disibukkan dengan Penilaian, sebagai evaluasi akhir dari seluruh pembelajaran yang berjalan selama satu semester, Guru harus membuat penilaian dari seluruh nilai yang sebelumnya telah dikumpulkan, baik dari nilai tugas dan segala macamnya.Tak terlebih lagi bagi wali kelas yang harus membuat leger dari seluruh mata pelajaran dan juga pembuatan/mengisi raport siswa.

Yang menarik ialah diEra perkembangan teknologi yang kian maju, kita dapat dengan mudah membuat rekap nilai dari nilai-nilai yang pernah dikumpulkan, melakukan penjumlahan dan menghitung rata-rata nilai secara otomatis. Sangat berbeda sekali dengan jaman dulu dimana guru harus menuliskan dan melakukan penjumlah secara manual dan juga alat bantu kalkulator.

Teknologi telah memberikan berbagai kemudahan. Guru sekarang tak harus lagi repot-repot menghitung jumlah maupun rata-rata nilai akhir siswa satu persatu yang memakan waktu lama. Kita bisa langsung mendapatkannya dalam waktu singkat dengan bantuan teknologi.

Namun sangat disayangkan diera teknologi yang kian pesat berkembang dijaman ini, masih ada guru yang belum bisa memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaannya. Mereka masih berkutat dengan hitung-hitungan manual yang melelahkan. Memang kita harus memaklumi terkadang sebagian benar-benar tidak tau cara menggunakannya dan sebagian lagi yang acuh terhadap perkembangan teknologi. Alhasil banyak kejadian, karena tidak ingin dipusingkan dengan hitung-hitungan guru melakukan cara cepat untuk mendapatkan nilai akhir, seperti mengambil nilai Akhir yang didapat tanpa ditambahkan dengan nilai-nilai tugas sebelumnya yang pernah dikumpulkan.

Belajar dan belajar, merupakan kata yang tidak asing bagi kita yang berprofesi sebagai guru. Karna kitalah yang selalu mengingatkan anak didik kita untuk selalu belajar. Ilmu baru hanya akan didapat dengan belajar, begitu kiranya yang ada dalam pemahaman kita, begitu pula dengan ilmu baru seperti halnya teknologi, untuk menguasainya dengan belajar cara untuk menggunakannya, cari pengetahuan tentangnya. Dulu kita tidak pernah mendengar apa itu computer, jikapun kita dengar kita pasti belum pernah menyentuhnya. Dijaman sekarang jika kita tidak tau apa itu computer, orang-orang akan mengatakan kita dengan Istilah gaptek ( Gagap Teknologi). Kata yang menunjukan bahwa orang yang disematkan kata itu merupakan orang yang ketinggalan pengetahuan tentang teknologi atau tidak bisa mengoperasikan alat teknologi.

Belajarlah teknologi, meski terasa lambat untuk memahami teruslah belajar, teruskan sampai bisa dan jangan patah semangat. Ayah saya berprofesi sebagai Guru dan berumur 51 Tahun saat itu pernah mengikuti kursus untuk mengenal dan mengoperasikan komputer. Setiap pulang dari kursus dia selalu mengeluhkan sulitnya menggunakan computer. Mencoba lagi dirumah dengan netbook pribadinya mengulangi apa yang diajarkan ditempatnya kursus. Dan hasilnya sama, Bingung ketika tampilan dan menunya berbeda dengan tampilan saat berada ditempat kursus. Namun beliau tak pernah patah semangat mencoba belajar dan terus belajar.

Diusia tua memang sulit untuk mempelajari hal-hal baru, apalagi yang berhubungan dengan teknologi. Beruntunglah saat diusia muda kita sudah diperkenalkan dengan teknologi. Sehingga kita dengan cepat bisa memahami dan mengoperasikan berbagai alat teknologi yang ada dengan sekarang.

Mengingat betapa pentingnya peran teknologi bagi seorang guru, maka patutlah rasanya seorang guru untuk belajar menguasai teknologi. Setidaknya untuk membantu mempermudah pekerjaannya, terlebih lagi jika memang mampu diterapkan untuk proses belajar mengajar. Jadi jangan pernah menyerah dan teruslah belajar.




Tinggalkan Komentar

Email Kamu Tidak Akan Dipublikasikan. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>